Saat Musim Hujan Datang, Ketahui 5 Cara Perbaikan Atap Bocor Ini

Saat Musim Hujan Datang, Ketahui 5 Cara Perbaikan Atap Bocor IniAtap yang bocor merupakan problem yang hampir selalu menghampiri saat musim hujan datang menyapa. Besar ataupun kecil kebocoran atap yang terjadi, tetap saja membuat Anda sebagai si penghuni rumah menjadi tak nyaman dengan tetesan air yang merangsek ke rumah. Jika sekiranya atap Anda mengalami kebocoran, lakukan 5 tindakan perbaikan atap bocor berikut ini.

  1. Perbaiki Kondisi Genteng yang Mengalami Pergeseran

Air yang masuk melalui celah di bagian atap, tak selalu disebabkan karena rusak atau bocornya atap rumah Anda. Bisa jadi, genteng di atap Anda mengalami pergeseran karena faktor angin kencang atau hujan yang deras. Maka dari itu, lalukanlah pengecekan ke bagian atap. Jika ada genteng yang bergeser, kembalikan ke posisinya semula agar tak ada lagi celah untuk masuknya air.

  1. Segera Ganti Genteng yang Mengalami Kerusakan

Genteng yang telah lama dipakai sangat berisiko mengalami kerusakan. Tentu saja hal ini merupakan hal yang lumrah, mengingat genteng selalu kena terpaan hujan, angin, dan pancaran terik matahari setiap harinya. Jika atap mengalami kebocoran dan genteng rusak menjadi penyebabnya, segeralah ganti bagian genteng yang rusak tersebut dengan yang baru.

  1. Bersihkan Bagian Atap dari Tumpukan Daun

Daun yang menumpuk di bagian atap bisa jadi penyebab atap bocor, loh! Tumpukan daun dapat menyebabkan tergenangnya air di bagian atap, karena menutup lubang dan pipa saluran air. Air yang lama tergenang membuat atap kayu menjadi lembab dan rentan mengalami kebocoran atau kerusakan. Maka dari itu, lakukan perbaikan atap bocor dengan rutin membersihkan atap rumah Anda.

  1. Menambal Atap Menggunakan Cat Water Proofing

Sama halnya dengan ban, atap rumah yang bocor dapat Anda siasati dengan melakukan penambalan. Gunakan cat waterproofing untuk menambal atau melapisi bagian atap yang mengalami kebocoran. Cat satu ini mengandung cairan anti air, sehingga air hujan yang jatuh di area yang telah dicat tak akan merembes ke bagian dalam.

  1. Perbaiki Ventilasi Udara di Rumah Agar Atap Tak Keropos

Salah satu penyebab bocornya atap rumah adalah buruknya sistem ventilasi. Ventilasi yang buruk menyebabkan atap menjadi lembap, sehingga rentan jadi keropos dan mengalami kebocoran. Maka dari itu, setelah melakukan penambalan atas atap yang bocor, jangan lupa juga untuk membuat ventilasi baru agar sirkulasi udara bisa lancar. Ventilasi yang bagus akan menghindarkan atap dari pengeroposan.

Atap yang mengalami kebocoran bisa disebabkan oleh berbagai hal. Maka dari itu, cari tahu penyebabnya dulu, sebelum Anda melakukan perbaikan atap bocor. Pada bagian atas telah dipaparkan beberapa cara untuk melakukan perbaikan atap yang bocor. Jika Anda tak bisa melakukannya sendirian, Anda bisa gunakan jasa perbaikan atap yang telah berpengalaman di sejasa.com.