Ini Perkiraan Biaya pada Proses Bayi Tabung

Apakah Anda ingin menimang bayi sendiri setelah 10 tahun menikah tapi tak kunjung hamil? Bagi wanita yang sudah menikah, belum punya anak kadang jadi momok yang mengerikan. Saat ingin hamil, tentu Anda langsung berkonsultasi ke dokter kandungan dan bertanya tentang program bayi tabung. Apakah proses bayi tabung sangat mahal? Ini perkiraan biayanya.

Program bayi tabung jadi berkesan sangat mahal karena penyanyi dangdut Inul Daratista pernah mengungkapnya dalam sebuah wawancara. Ia yang menjalankan program ini di sebuah rumah sakit swasta di Singapura bercerita bahwa total uang yang harus ia keluarkan saat program bayi tabung adalah hampir 1 miliar Rupiah.

Jumlah yang sangat fantastis ini kadang bikin niat surut saat akan bertemu dokter kandungan dan bertanya tentang seluk-beluk program bayi tabung. Padahal, Inul menjelaskan bahwa uang 1 miliar bukan murni biaya rumah sakit, melainkan juga termasuk biaya transportasi dari Indonesia ke Singapura dan juga akomodasi dan penginapan saat berada di sana.

Jika Anda memiliki tabungan untuk program bayi tabung, pilihlah rumah sakit di Indonesia. Biayanya tidak terlalu tinggi. Ada rumah sakit yang memasang harga 40 hingga 50 juta Rupiah, namun ada juga yang harganya hanya mulai 15 juta Rupiah. Kualitas dari para dokter kandungan di Indonesia sudah cukup baik, tak perlu berobat dan memprogram bayi tabung ke luar negeri.

Biaya saat proses bayi tabung terbilang cukup mahal, karena program ini tidak bisa  dijalankan hanya dalam sehari atau dua hari. Anda bisa bertemu dokter spesialis kandungan dan melakukan USG berkali-kali dalam program ini. Jika sekali konsultasi dokter harus membayar 300 ribu hingga 400 Rupiah, maka kalikan saja dengan total sesi konsultasi tersebut.

Mahalnya biaya pada program ini juga disebabkan oleh banyaknya rangkaian tes yang dijalani. Anda dan suami harus menjalankan tes darah, tes HSG, tes kualitas sperma, dan lain-lain. Setelah menjalani tes, maka Anda dan suami akan diambil sel telur dan juga sperma untuk disatukan dalam cawan patri. Sperma juga bisa dibekukan dan disimpan selama 6 bulan.

Biaya program bayi tabung yang mencapai puluhan juta Rupiah juga sudah termasuk biaya untuk analisa sperma dan juga biaya pada proses pre-implatansi dan pemasukan embrio plus biaya obat-obatan dan vitamin. Para dokter, perawat, dan petugas laboratorium tentu bekerja secara profesional sehingga Anda harus membayarnya dengan biaya yang cukup tinggi.

Menjalankan proses bayi tabung membutuhkan biaya mulai 15 juta Rupiah. Jika Anda ingin memiliki anak dari program bayi tabung, maka menabunglah dari sekarang dan konsultasikan pada dokter spesialis kandungan. Apakah ada masalah pada rahim Anda sehingga sulit hamil? Jika terbukti ada kista atau tumor, maka harus dioperasi terlebih dahulu.