Cara Mengatasi Penyakit Anemia

Cara Mengatasi Penyakit AnemiaSumber: doktersehat.com

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Menurut hellosehat.com kondisi ini terjadi saat tubuh tidak memiliki sel darah merah (hemoglobin) sehat yang cukup. Jika kamu mengalami gejala seperti mudah lelah, kaki dan tangan dingin, kulit pucat, sakit kepala, serta sesak napas, berarti kamu memiliki kemungkinan untuk menderita penyakit anemia. Ketika kamu merasakan gejala anemia, segelah lakukan cara untuk mengobati kondisi tersebut. Lebih rinci, menurut doktersehat.com gejala anemia ditandai dengan tubuh yang terlihat sangat pucat terutama kulit di wajah dan tangan, ini disebabkan karena kurangnya asupan darah dalam tubuh. Dada akan terasa sangat sakit dan berat seperti ada yang menekan. Tanda lainnya dari penyakit anemia adalah napas menjadi pendek-pendek dan ketika lari kamu merasa tidak nyaman. Selain itu detak jantung bergerak lebih cepat dari biasanya dan detaknya tidak senada.

Ada beberapa penyebab seseorang terkena anemia. Penyebab anemia yang paling sering adalah anemia karena kekurangan darah. Ini terjadi jika zat besi dalam tubuh mengalami penurunan, kecelakaan, melahirkan, menstruasi, dan hal yang membuat darah keluar dari tubuh dalam jumlah banyak. Anemia karena penghancuran sel darah merah juga menjadi penyebab penyakit ini, setiap sel darah merah memiliki usia hingga seratus dua puluh hari dan selanjutnya mereka akan hancur. Pada kondisi tertentu, sel darah merah banyak dihancurkan dan memaksa tubuh utnuk memproduksi lagi dengan banyak ketika belum saatnya. Pemicu penghancuran sel darah merah terdiri dari racun, infeksi, serangan autoimun dan penggumpalan darah.

Dilansir dari hellosehat.com ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit anemia seperti:

  1. Menggunakan Cuka Apel

Kamu dapat mengonsumsi cuka apel untuk meningkatkan asam lambung dengan cepat. Campurkan satu sendok makan cuka apel dengan seratus sampai seratus lima puluh mililiter air biasa. Ini akan mendukung tingkat keasaman hingga makanan dapat dicerna dengan baik. Dengan mengonsumsi cuka apel juga akan memberi tubuh suplai energi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

  1. Cokelat

Jika kamu tidak menyukai sayur, cokelat adalah solusi yang enak untuk mengatasi anemia. Coklat memiliki kandungan tinggi zat besi, baik yang biasa atau pun yang dark. Terdapat lebih banyak antioksidan dalam cokelat daripada buah berry. Kamu dapat memilih cokelat dengan kandungan biji minimal tujuh puluh persen.

  1. Konsumsi probiotik.

Probiotik dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Dengan menjaga keadaan usus yang sehat dapat membuat usus bekerja dengan efektif dan efisien untuk menyerap berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh dari makanan. Kamu dapat mengonsumsi yogurt, acar, tempe dan makanan fermentasi lainnya untuk memenuhi asupan probiotik.

  1. Tahu

Makanan yang dapat mengatasi penyakit anemia lainnya adalah tahu. Tahu merupakan makanan berbasis kacang kedelai yang tinggi zat besi tiamin. Tahu juga mengandung kalsium, magnesium dan selenium yang dapat mengatasi anemia. Selain itu, tahu mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, meringankan gejala menopause dan menurunkan risiko jantung.

  1. Mengobati Penyebab Anemia

Cara terbaik untuk mengatasi anemia yang disebabkan oleh masalah kesehatan adalah menyembuhkan kondisi itu lebih dahulu, contohnya gangguan yang disebabkan oleh infeksi, maka harus mengatasi infeksi ini lebih dahulu.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi penyakit anemia. Kamu dapat mengatasi penyakit anemiamu sesuai dengan gejala yang kamu rasakan.