4 Tempat Terbaik untuk Pinjam Dana dengan Aman dan Mudah

4 Tempat Terbaik untuk Pinjam Dana dengan Aman dan MudahKebutuhan hidup memang kadang tidak bisa ditunda-tunda. Ada saja dana yang harus dikeluarkan baik itu untuk kebutuhan yang sudah direncanakan maupun tidak. Dalam kondisi demikian rasanya sulit tidak pinjam dana demi memenuhi berbagai kebutuhan tersebut.

Masyarakat sejak lama mengenal beberapa tempat terbaik untuk mengajukan pinjaman dana seperti melalui bank, tempat gadai, teman dan keluarga hingga gesek tunai dari kartu kredit.

Perlu diakui bahwa semua tempat tersebut kadang kala menciptakan drama baru dalam kehidupan seperti cibiran orang karena kerap meminjam dari sanak famili sendiri, atau kesulitan dalam memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan oleh lembaga keuangan tradisional.

Nah, berikut ini kita ulas beberapa kelebihan dan kekurangan pinjam dana di berbagai tempat yang tersedia saat ini.

  1. Bank

Mengajukan pinjaman ke bank memang menjadi salah satu yang paling diandalkan. Beberapa kelebihannya adalah dana yang diajukan bisa dalam jumlah yang sangat besar dengan tenor panjang dan bunga yang rendah.

Umumnya orang yang mengajukan pinjaman ke bank digunakan untuk kebutuhan usaha sehingga jika dilakukan terus menerus akan mendapatkan kepercayaan dari bank sehingga pada akhirnya pengajuan pun akan semakin mudah di kemudian hari.

Namun, bank bukan tempat yang tepat untuk semua orang. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum mendapatkan dana pinjaman dari bank. Proses yang panjang dengan berkas yang banyak membuat orang berpikir ulang meminjam ke bank.

  1. Kartu Kredit

Gesek tunai dengan menggunakan kartu kredit sempat menjadi tren dan gaya hidup beberapa kalangan. Terlepas dari penggunaannya untuk kebutuhan konsumtif ataupun produktif.

Cara ini dianggap lebih efektif tanpa harus diketahui oleh penerbit kartu kredit. Pengguna hanya tinggal mencari toko yang menerima gesek tunai, kemudian transaksi dilakukan seolah-olah membeli barang padahal sebenarnya pengguna menerima uang tunai.

Pada akhirnya penerbit kartu kredit pun mengetahui modus gesek tunai seperti ini hingga dilakukan pembatasan.

Sama halnya seperti pinjaman di bank, tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit karena terkendala persyaratan yang ketat tidak seperti dulu lagi dengan mudah mengajukan kartu kredit.

  1. Pegadaian

Cara ini boleh jadi merupakan salah satu cara paling umum dilakukan sebelum adanya bank. Kita bisa mendapatkan pinjaman uang tunai dengan cara menggadaikan barang berharga seperti perhiasan hingga kendaraan bermotor.

Orang yang memberikan pinjaman bisa menjual perhiasan atau motornya jika peminjam tidak bisa mengembalikan utangnya. Semula proses gadai tidak dikenakan bunga sama sekali dengan asas tolong menolong.

Lambat laun dengan potensi bisnis yang ada sehingga muncul berbagai lembaga gadai resmi maupun tidak resmi yang menerima pinjaman uang dengan jaminan barang.

Lagi-lagi hal ini tidak bisa diakses oleh semua orang karena tidak semua orang punya aset berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan.

  1. Pinjaman Online

Zaman digital akhirnya mengubah gaya hidup orang dan cara orang mengajukan pinjaman. Kita bisa mendapatkan pinjaman dengan syarat yang lebih mudah.

Bermodalkan KTP, data penghasilan, serta bukti domisili saja sudah bisa pinjam dana lewat perusahaan teknologi yang memberikan pinjaman online.

Sebagai contoh adalah Kredivo, fintech yang sudah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Kredivo memberikan persyaratan bagi calon debiturnya dengan beberapa poin berikut ini:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi dan Cirebon
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Syarat tersebut bukan tanpa alasan karena hanya debitur yang mampu secara finansial saja yang bisa mendapatkan kredit limit hingga Rp30 juta dari Kredivo.

Bunga pinjaman Kredivo 2,95% terhitung terjangkau untuk cicilan per bulannya. Tenor yang diberikan pun beragam mulai dari 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Sedangkan untuk belanja online malah ada opsi hingga 12 bulan dan tanpa bunga jika dibayarkan dalam 30 hari saja.

Nah, itulah beberapa tempat terbaik yang bisa dipilih jika kita butuh dana tunai untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Bijaklah dalam mengajukan utang setidaknya cukup hanya 30 persen dari total penghasilan per bulan. Sehingga sisanya bisa dialokasikan untuk asuransi dan investasi.